Bikin Kinclong dengan Batu Ijo

10 Sep

Bikin Kinclong Mesin Bermodal Celana Jeans Dan Batu Ijo

Demen dengan tampilan kinclong mesin?

Ada dua cara bisa dilakukan untuk membuat kinclong komponen motor dari aluminium. Yaitu, sistem krom dan poles. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Bahkan pada komponen tertentu ada yang tidak boleh dipoles atau dikrom.

Untuk aluminium yang dikrom, kualitas kilap tentu saja lebih baik ketimbang poles. Apalagi pada saat prosesi ada langkah kerok cat, nikel dan terakhir dikrom. Tiap lekuk yang sulit pun bisa terlihat kinclong dibanding poles yang terbatasi oleh posisi alat kerja. Gerinda tidak bisa menjangkau bagian yang nyempil.

Wajar kalau krom dihargai lebih mahal dua kali lipat dari poles
Namun kekurangan yang dimiliki aluminium babet jika dikrom daya tahannya tidak lama. Apalagi komponen di mesin paling sering kena panas. Seperti di kepala dan blok silinder. Krom lebih cepat terkelupas.

Meski minim perawatan, krom di blok mesin paling lama tahan 1 tahun lebih. Itu pun mesti jangan sering dicuci pakai air bertekanan tinggi. Sebab dalam jangka waktu tertentu, umumnya aluminium babet dibalik lapisan krom bakal menghadirkan serbuk putih mirip karat.

Begitu juga sistem poles, tetap ada pantangan meski ongkosnya relatif murah. Lantaran menggunakan sistem kikis, pada komponen tertentu nggak boleh dilakukan. Seperti di blok atau karter yang ada nomor mesin. Atau simbol pada sakelar lampu motor zaman dulu.

Namun sistem poles juga punya kelebihan. Tidak ada pelapis yang menghalangi macam nikel atau krom. Sehingga pada blok mesin sangat menguntungkan. Bukan hanya tampil kinclong, tapi panas mesin mudah dibuang.

sistem poles tetap perlu perawatan lebih. Meski aluminium kinclong tidak karatan, tetap masih bisa bereaksi dengan udara. Sehingga mudah kusam dan kotor. Untuk itu perlu dipoles lagi menggunakan batu ijo. Tapi lama Kelamaan, komponen yang kena poles tadi bakal jadi tipis.

Cara terakhir itulah yang banyak diminati para penggila modifikasi. selain murah meriah, gak sampai sehari mesin sudah terlihat kinclong. Dari pada harus mengkrom dengan harga yang lumayan mahal!

Mau tahu caranya? Mudah saja, siapkan dulu batu hijau, kuas, bensin ataupun minyak tanah secukupnya, soda api /cat remover dan beberapa potongan kain celana jeans.

Kenapa bahan jeans?

karena tekstur bahan jeans agak kasar di banding kertas koran dan pastinya lebih bersih. Kalau pakai koran akan terlihat sedikit hitam, sebab tinta dari koran itu menempel di blok mesin

Sebelum memulai, untuk menghilangkan warna cat dasarnya, disarankannya jangan menggunakan ampelas ukuran berapapun. Karena kalau pakai ampelas, blok mesin akan tampak garis-garis tipis.

  • Pertama, oleskan soda api atau cat remover dengan kuas pada seluruh blok mesin sampai warnanya dasar blok mesin ngelotok. Lalu, basuh dengan air sabun tanpa deterjen hingga bersih, lalu keringkan dengan cara di jemur. Kalau sudah kering, baru deh poles.
  • Amplas bagian yang akan di poles dengan amplas ukuran 2000 agar tidak tergores terlalu dalam, dan akan hilang dalam proses baju ijonya.
  • Ambil potongan kain jeans, kemudian celupkan ke wadah bensin ataupun minyak tana lalu oleskan pada batu hijau yang berbentuk batangan sedikit demi sedikit.
  • Setelah jeans tersebut sudah basah dengan bensin dan dikasih batu hijau, poles ke bagian mesin yang diinginkan hingga benar-benar mengilap dengan sedikit menekan

Tapi jangan berpindah-pindah dulu!  Sebaiknya satu bagian mesin yang dipoles, setelah mengilap baru pindah ke bagian lain. “Keawetannya tergantung kita, kalau krom ‘abal-abal’ sudah agak pudar atau gak mengilap tinggal poles lagi tanpa harus ditekan seperti pertama kali pemolesan,”

Selamat mencoba

Semoga kinclong

19 Responses to “Bikin Kinclong dengan Batu Ijo”

  1. Muchtar June 19, 2012 at 15:25 #

    Makasih bro,,info’x thank’x

  2. Arief Aerov September 1, 2012 at 10:02 #

    beli batu ijonya dimana gan

    • broolindra September 26, 2012 at 18:55 #

      toko bangunan atawa toko kimia, smoga kinclong

      • Ardan Resseda Firdaus January 2, 2014 at 14:04 #

        blok mesin nya di copot dlu ap lamgsung aj pas pake soda apinya

  3. Kurniawan Ade December 10, 2012 at 15:57 #

    Gan . Itu batok mesinnya lama kelamaan tipis y..? Mohon penjelasannya Gan.thanks

    • broolindra December 11, 2012 at 17:38 #

      Bro kurniawan, penggunaan amplas hanya pertama saja.
      Untuk perawatan, penggunaan batu ijo hanya jika di perlukaan dan penggunaan sehari hari menggunakan autosol.
      Memang amplas, batu ijo dan outosol bekerja dengan mengikis permukaan babet, oleh karena itu penggunaan amplas dan batu ijo di minimalis.
      smoga bermanfaat.
      jangan lipa tuk like this artikel.

      • Beast-one January 7, 2013 at 23:56 #

        Brow…
        dari pengalaman sy ttg batu ijo, hasilnya akan lebih awet (kinclongnya) jika saat aplikasi batu ijo dengan cara poles kering (tanpa tambahan bensin atau minyak lainnya), batu ijo dihalusin (jadi bubuk) trus kain kita oleskan pada bubuk tsb kemudian kita poleskan, tapi proses poles-nya lebih lama dari yg pakai campuran minyak..proses poles kering lebih mudah dg alat bantu mesin poles (baik pabrikan atau bikin sendiri pake bekas mesin pompa air), untuk celah yg sempit bisa kita pake bor tuner.. selamat berkreasi ‘n berkinclong ria .
        Salam

      • broolindra February 3, 2013 at 23:57 #

        kalo poles kering, batu ijo akan menggumpal, dan kemungkinan malah bisa tambah baret tp baju ijo yang anda gunakan bentuknya seperti apa?

      • arsyad February 1, 2013 at 20:31 #

        gan kalau dengan grinda gm caranya biar max hasilnya

  4. wanz phonk January 23, 2013 at 11:52 #

    Gan kalo cara moles velg racing , gmna cra mudh untuk ngilangin pori2 nya ?

    • broolindra February 3, 2013 at 23:54 #

      slama bahannya dari babet kemungkinan besar bisa tp sy blum coba……….

  5. Khusnan April 14, 2013 at 18:13 #

    Katanya,,menggunakn autosol bila terkena air dpt menimbulkan fleg pd veleg yg udh dipoles,,mohon penjelasanya,,THANKS

  6. Givari June 8, 2013 at 01:42 #

    Gan kok tromol kroman gw ada karangnya ya warna hitam .udh lama gak di pake ituh solosinya gmana buat ngilangin karangnya .

    • d@nte July 14, 2013 at 19:32 #

      sprti yg udeh dijelasin diatas antra croom and poles punya kelebihan ma kekurangny sndri”,nhah buat yg croom emng kelebihanny lbih kinclong tpi sayangnya tidak tahan lma dan justru berdampak buruk pda bahan,sprti yg masbro alami ada karangnya…,biasanya itu timbul krna permukaan croom yg udh mengelupas,jdi lebih afdolnya mending diklotok lgi aj croomny,trus diamplas lagi pke ukurn yg sedang terus dngn yg alus mpe rata..after that mending maen poles aj..lebih keliatan alami dan ada seninya… slmt berkarya…

  7. Aang si jongke July 7, 2013 at 21:04 #

    Ha

  8. Shendy Memang Gile July 12, 2013 at 13:56 #

    bang numpang nanya kalo behel , tromol , tutup tromol/rem, step blakang terbuat dari apa yaa ..
    trus bisa di poles pake cara yg diatas gaa ..

    makasih sebelumnya ..

  9. masud May 1, 2014 at 19:04 #

    gan di tunggu tips terbarunya ya,,,

  10. RIZKY_C'FALZZ UJUNG CITRA November 23, 2014 at 14:21 #

    w dah nyoba di rumah gan,tapi w ga pke soda api tpi pke amplas, truz hasilnya garet2 gitu deeeh
    gimne tuh____?

    • broolindra November 28, 2014 at 21:17 #

      bro amplas yang kasar buat ngeratain permukaan aja, trus amplas lagi pake ukuran yg lebih besar atau aplas yg lebih halus. untuk finishingnya pake amplas ukuran diatas 1000 [1500/2000] baru pake batu ijo jika permukaannya sudah bener bener halus.
      semoga membantu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: