Mendaftarkan Blog pada mesin pencari atau Google

10 Sep

Bagi-bagi info untuk sesama pemula dalam hal blog (wordpress/blogspot). Bikin blog udah jadi, bikin artikel udah jadi tapi kenapa tidak terlihat di mesin pencari (om gogle )

Inidia salah satu solusinya

Ada 3 cara mendaftarkan blog kita di Google, yaitu:

1. Mendaftarkan Blog Melalui Submitter Gratis

Situs-situs penyedia layanan Free Submitter cukup banyak dan kita bisa gunakan salah satunya. Cukup dengan memasukkan alamat URL blog kita dan submitter gratis ini akan mengirimkan dan mendaftarkan blog kita ke berbagai mesin pencari termasuk google. Contoh-contoh submitter gratis adalah:

Keuntungan: Submitter akan mendaftarkan blog kita secara otomatis diberbagai mesin pencari termasuk google dan juga berbagai direktori situs dan blog yang bisa memberikan link satu arah ke blog kita. Hal ini tentunya akan membantu mempercepat meningkatkan traffik blog kita.

Kekurangan: Sebagian besar free submitter tidak ada pilihan mesin pencari dan direktori apa saja yang akan kita daftar dan sebagian menyertakan iklan dalam layanan gratisnya yang akan dikirimkan ke email kita. Karena itu sebaiknya jangan gunakan email utama kita untuk mendaftar di submitter gratisan.

2. Mendaftarkan Blog Kita Langsung Ke Google Webmaster

Google Webmaster adalah layanan gratis dari google untuk para pengelola situs maupun blog. Di Google webmaster sendiri ada 2 cara mendaftarkan blog kita, yaitu dengan membuat meta tag dan dengan membuat halaman. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Daftar dan login di Google Webmaster
  2. Klik ” Add Site” lalu masukkan URL atau domain blog kita.
  3. Nama domain blog kita akan muncul di bagian bawah dengan keterangan “Verified” bila sudah terdaftar atau “Verify This Site” bila belum terdaftar atau belum diverifikasi
  4. Klik “Verify This Site” untuk melakukan verifikasi dan akan muncul  halaman berikut dengan keterangan status blog kita “VERIFIED” bila sudah terverifikasi atau “NOT VERIFIED” bila belum terverifikasi.
  5. Pada pilihan “Verification Method” cukup pilih salah satu metode yaitu “Meta Tag” atau “HTML file“. Untuk pengguna platform blog gratisan wordpress.com hanya bisa melakukan verifikasi dengan metode “HTML file”, sedangkan pengguna wordpress.org bisa menggunakan kedua cara tersebut
  6. Untuk metode “Meta Tag” copas (copy-paste) kode meta yang diberikan ke bagian header.php tepatnya sebelum bagian di Themes Editor.
  7. Untuk metode “HTML file”, buat 1 halaman baru dengan nama halaman (title) yang diberikan atau upload file html kosong dengan nama html yang diberikan.
  8. Setelah melakukan salah satu metode tersebut, klik “Verify” dan hasilnya seharusnya status blog kita “VERIFIED” atau sudah terverifikasi.
  9. Bila sudah terverifikasi, silahkan hapus kode meta atau halaman yang dibuat tadi, karena sudah tidak diperlukan dan agar tidak terlihat lagi di blog kita.

Keuntungan: Cara ini memberikan kepastian bahwa blog kita sudah terindeks di google karena layanannya disediakan oleh google. Selain itu kita bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Google webmaster ini untuk analisis blog kita. Hal ini akan kita bahas ditulisan lain.

Kekurangan: Cara ini tidak mempengaruhi nilai Page Rank blog kita.

3. Tukaran Link Dengan Blog Ber-PR (Page Rank) Tinggi

Sebagian dari kita mungkin heran kenapa blog kita bisa terindeks di google padahal kita belum mendaftarkannya  seperti cara 1 dan 2 diatas. Sebenarnya secara tidak sengaja blog kita akan didaftarkan di google bila blog kita tercantum dalam blog yang sudah terverifikasi. Lalu apa pengaruh tukaran link dengan blog Page Rank tinggi? Pengaruhnya adalah waktu yang dibutuhkan untuk terverifikasi. Makin tinggi Page Rank blog yang memasang link ke blog kita makin cepat blog kita terindeks di google. Namun blog berpagerank rendah pun bisa mempercepat blog kita terindeks asalkan jumlahnya banyak. Untuk itu silahkan tukaran link dengan blog ini.

Keuntungan: Selain blog kita terindeks di google cara ini juga akan membantu meningkatkan Page Rank blog kita.

Kekurangan: Waktu yang dibutuhkan agar blog kita terdaftar tergantung pada Page Rank blog yang memasang link kita di blog kita.

Mudah kan mendaftarkan blog kita di google? Gunakan ketiga cara di atas agar lebih optimal, dan silahkan komentar disini bila mengalami masalah pada salah satu cara di atas.

Good Luck…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: