Honda CB100

5 Mar

Honda CB100

Salah satu varian sepeda motor yang melegenda dan sangat mudah untuk dijadikan sebagai basis modifikasi adalah varian Honda CB 100. Mesinnya mudah di bore up dengan seher Tiger atau bisa dengan Generasi GL seperti GL 100 dan GL Pro. Untuk bagian yang lain seperti shock breaker serta sasis, juga mudah untuk dicangkoki dari komponen motor lainnya. Honda CB juga cocok sebagai basis modifikasi jenis modifikasi flat tracker, street tracker, jap’s style serta klasik
Sedikit sejarah tentang Honda CB 100.

Honda CB 100 diproduksi pada kurun waktu 1971-1981. Di Indonesia sendiri diproduksi 600 rebu unit-an Honda CB 100. Namun hingga saat ini yang tersisa paling tinggal separonya. Di sekitaran tahun 1971, Federal Motor sebagai cikal bakal Astra mulai mengimpor Honda CB dan ternyata Honda CB cukup diminati yang akhirnya PT Federal Motor mulai merakit di Indonesia. Tidak hanya kapasitas 100 cc saja namun juga kapasitas 125, 175 serta 200 cc. Untuk kapasitas mesin 175 dan 200 cc, performanya lebih baik karena bersilinder ganda. Namun yang banyak diminati adalah Honda CB 100 dan Honda CB 125, karena perawatannya yang mudah serta harganya yang murah.
Honda CB series sebenarnya kapasitasnya tidak mentok di 200 cc tapi masih ada yang berkapasitas 250, 300 serta 750. Namun hanya varian yang di bawah 200 cc lebih banyak dijual di Indonesia karena harga lebih Terjangkau

Spesifikasi Honda CB100

MESIN

Engine type Tipe Mesin Air cooled, 4-stroke OHC engine Udara didinginkan, mesin 4-tak OHC
Cylinder arrangement Cylinder pengaturan Single cylinder 15 degree inclined from vertical Single silinder 15 derajat miring dari vertikal
Bore x stroke Bore x stroke 56.0 x 49.5 mm 56,0 x 49,5 mm
Displacement Pemindahan 122cc 122cc
Compression ratio Rasio kompresi 8.0 : 1 8,0: 1
Valve train Valve kereta Chain driven over head camshaft Rantai camshaft digerakkan atas kepala
Maximum horsepower Maksimum tenaga kuda 8.0 BHP at 8,000 rpm 8,0 BHP di 8.000 rpm
Maximum torque Torsi maksimum 0.83 kg-m at 4,000 rpm 0,83 kg-m pada 4.000 rpm
Oil capacity Minyak kapasitas 1.0 litre 1,0 liter
Lubrication system Sistem pelumasan Forced and wet sump Paksa dan bah basah
Cylinder head compression pressure Cylinder head tekanan kompresi 12 kg/sq-cm at 1,000 rpm 12 kg / sq-cm pada 1.000 rpm
Intake valves opens membuka katup Intake BTDC 0 degree BTDC 0 derajat
Intake valves closes menutup katup Intake ABDC 30 degree ABDC 30 derajat
Exhaust valves opens katup buang membuka BBDC 35 degree BBDC 35 derajat
Exhaust valves closes katup buang menutup ATDC 0 degree ATDC 0 derajat
Valve tappet clearance Tappet Valve clearance 0.05 mm 0,05 mm
Idle speed Idle kecepatan 1,300 rpm 1.300 rpm

DRIVE TRAIN DRIVE TRAIN

Clutch Kopling Wet, multi plates Basah, multi pelat
Transmission Transmisi 5-speed constant mesh 5-speed konstan mesh
Primary reduction Primer pengurangan 4.055 4.055
Gear ratio 1 Gear rasio 1 2.769 2.769
Gear ratio 2 Gear rasio 2 2.125 2.125
Gear ratio 3 Gear rasio 3 1.578 1.578
Gear ratio 4 Gear Rasio 4 1.000 1.000
Gear ratio 5 Gear rasio 5 0.724 0.724
Final reduction Final pengurangan 4.000 4.000
Gear shift pattern Gear pergeseran pola Left food operated return system makanan Waktu dioperasikan sistem kembali

FRAME/CHASSIS FRAME / CHASSIS

Frame type Jenis frame Semi double cradle Semi double cradle
Front suspension, travel Suspensi depan, perjalanan Telescopic fork, 152mm Teleskopik fork, 152mm
Rear suspension, travel Suspensi belakang, perjalanan Swing arm, 94mm Swing arm, 94mm
Front tire Ban depan 2.75 – 21 (4PR) Semi Knobby 2,75-21 (4PR) menonjol Semi
Rear tire Ban belakang 4.00 – 18 (4PR) Semi Knobby 4,00-18 (4PR) menonjol Semi
Front / rear brake Rem depan / belakang Internal expanding shoes Internal memperluas sepatu
Fuel capacity Kapasitas Bahan Bakar 4.5 lit 4.5 menyala
Fuel reserve capacity Cadangan bahan bakar kapasitas 0.5 lit 0,5 menyala
Caster angle Sudut Caster 61.30′ 61,30 ‘
Trail length Trail panjang 105 mm 105 mm

DIMENSION DIMENSI

Overall length Secara keseluruhan panjang 1.955 mm 1,955 mm
Overall width Secara keseluruhan lebar 840 mm 840 mm
Overall height Tinggi total 1.095 mm 1,095 mm
Wheel base Roda dasar 1.280 mm 1,280 mm
Seat height Kursi tinggi 780 mm 780 mm
Foot peg height Foot pasak tinggi 335 mm 335 mm
Ground clearance Ground clearance 260 mm 260 mm
Dry weight Berat kering 88 kg 88 kg

ELECTRICAL LISTRIK

Ignition Pengapian Flywheel magneto Dinamo roda gila
Starting system Mulai sistem Kick starter Kick starter
Alternator Alternator AC Generator Generator AC
Spark plug Busi NGK D 8 ES-L or ND X 24ES NGK D 8 ES-L atau ND X 24ES

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: