Cara Menonaktifkan Deep Freeze

13 Apr

Deep Freeze bisa sangat membantu kita dalam hal keamanan suatu komputer, tapi bisa saja juga sangat merepotkan bila kita lupa password Deep Freeze tersebut padahal kita ingin menginstal suatu aplikasi atau program kedalam komputer. Karena Lupa passwordnya maka yang terjadi adalah?……untuk mengatasi lupa password tersebut Anda tidak perlu bingung, Saya akan membagi Tips & Triknya.

Cara mengatasinya;

  • Menggunakan software yang bernama ADF (Anti Deep Freeze). Anda bisa cari di google…atau bisa langsung Download Disini
  • Memgakali lewat BIOS

Menggunakan Bios

Banyak pemilik komputer yang menggunakan deep freeze untuk mengamankan komputernya, baik dari virus atau kesalahan pengguna. Seperti pada komputer di warnet atau pada perkantoran yang dipakai banyak orang.

Namun pernahkah anda mengalami masalah lupa password deep freeze? Kalo sudah lupa password ini tentunya anda tidak bisa lagi mengubah isi windows anda, karena anda harus tau password tersebut untuk menonaktifkan deep freeze anda.

Cara kerja deep freeze yaitu dengan menjaga settingan registry komputer tidak berubah, bahkan date/time settings sekalipun. Sehingga komputer yang sudah dipasang deep freeze tidak bisa kita ubah tanggal dan jamnya. Oleh karena itu untuk menonaktifkan deep freeze kita perlu mengubah tanggal dan jam komputer tersebut.

– Hidupkan komputer anda lalu masuk ke BIOS, ubah tahunnya ke beberapa tahun belakang (2 atau 3 tahun sebelumnya). Misalkan 2012, ubah menjadi 2010 atau 2009 lalu simpan (*save changes and exit*).

 – Tekan F8 saat proses booting, setelah muncul pilihan boot, pilih Debug Mode (*Start Windows in Debug Mode*).

– Tunggu sampai tampilan Welcome muncul. Segera setelah tampilan itu hilang tekan *Ctrl+Alt+Del* (caranya saat muncul tampilan selamat datang anda siap-siap pencet tombol-tombol tersebut).

– Kemudian Task Manager akan terbuka. Pindah ke tab Processes. Cari proses bernama *DF5Serv.exe* dan matikan proses itu dengan menekan *Delete* atau klik kanan – pilih *end process*.

– Restart komputer lagi dan ubah tanggalnya sesuai dengan tanggal sekarang di BIOS.

Setelah anda masuk windows akan nampak bahwa ikon deep freeze diberi tanda silang alias sudah mati.

Selanjutnya jika anda hendak menguninstall deep freeze anda bisa gunakan installer deep Freeze untuk meng-uninstallnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: